Resep Sate Khas Madura Bumbu Kacang

Posted on

Permisi bunda,ijin share resep. Cuma sate ayam,tapi kata teman teman saya yang menyantap sate buatan saya ini katanya rasanya mantap. Jadi saya share disini,siapa tau bermanfaat.

Bahan sate:

 

Daging ayam tanpa tulang 2kg (kalau bikin sedikit bumbu disesuaikan ya)

Bumbu sate:

 

12siung bawang putih

1sdm garam halus

200ml minyak goreng

100ml kecap manis

1sdm saos tomat

Cara membuat sate:

 

Potong dadu daging. Tusuk tusuk. Haluskan bawang putih & garam lalu campur dengan minyak goreng,saos tomat & kecap. Aduk sampai rata. Lumuri sate dengan bumbu kemudian bakar,,sesekali olesi sisa bumbu tadi.

Bahan saos kacang:

Baca Juga :

Cara Membuat Bakso Ikan Lele Yang Sedap

Cara membuat peyek kacang bentuk bulat

 

8siung bawang putih utuh yang sudah digoreng setengah matang

1/4 kacang tanah goreng

50gr gula merah

1sdt munjung garam halus

100ml kecap manis

100ml air matang

Kalau suka pedas bisa ditambah cabe.

Cara saos kacang:

 

Saya blender semua bahan sampai halus. Masak sebentar sampai saos meletup letup. Tes rasa. Angkat.

cara sambal kecap:

 

Iris cabe rawit, tomat,bawang merah sesuai selera,,tuang kecap manis 100ml,tambahkan air matang 25ml. Campur sampai rata.

 

3 Tips Membuat Sate Ayam Tidak Amis & Resap Bumbunya

 

Dinegara kita ini masik adakah yang belum pernah mencoba sate ayam? Survey membuktika semua warga indonesia rata-rata sudah pernah memakan sate ayam. Di semua tempat banyak orang berjualan makanan khas indonesia ini, baik restoran maupun kaki lima. Ada sebuah warung sate ayam langganan saya yang benar-benar nikmat rasanya. Dagingnya terasa empuk, bumbunya sangat bercitarasa, plus teksturnya matang sempurna. Sangat disayangkan, harga yang selangit membuat kita mikir dua kali untuk kembali lagi kesana. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk membuatnya sendiri di rumah.

 

Awalnya saya kira mengolah daging ayam itu lebih mudah dari daging lainnya. ternyata, menghilangkan amis dari daging ayam yang saya bakar itu ternyata sulit karena teksurnya cenderung kering. Selain itu, rasanya agak hambar di lidah. Belajar dari kesalahan itu, saya menemukan tipsnya, begini . Langsung lihat article bawah ini.

 

Marinasi daging ayam dengan air jeruk-bawang putih

Kadang kalau tak diolah dengan baik, rasa sate ayam bisa hambar dan agak amis khas ayam. Agar amis pada sate ayam yang kita olah hilang, marinasi daging ayam dengan bahan asam dan beraroma seperti air jeruk dan bawang putih. Caranya, cuci daging ayam lalu potong dadu sesuai selera. Sirami dengan air jeruk yang dicampur dengan bawang putih yang sudah halus potongan ayamnya sampai merata. Diamkan selama 30 menit dan daging siap diolah.

 

Rendam daging dalam bumbu marinasi minimal 2 jam

Ada 2 tahap marinasi sate ayam, yakni marinasi untuk hilangkan bau amis (air jeruk-bawang putih) dan marinasi bumbu untuk memperkaya rasa. Apabila kamu ingin bikin sate ayam yang kaya akan bumbu, kamu perlu membuat satu lagi yaitu bumbu kacang untuk tahan marinasi 2.

Bumbu marinasi kacang terdiri dari kacang tanah goreng yang ditumbuk halus, kecap manis, gula merah, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, dll), daun jeruk, dan lainnya. Rendam potongan daging ayam selama minimal 2 jam atau rendam hingga malam dengan bumbu marinasi kacang agar bumbunya benar-benar meresap.

Rajin bolak-balik sate plus oleskan bumbu selama proses bakar

Sate ayam bisa dibakar dengan teflon atau panggangan khusus. Apapun medianya, pastikan anda pakai api kecil-sedang saat membakar agar sate bisa matang merata dan tak cepat kering. Panaskan teflon atau panggangan yang akan dipakai untuk memanggang sate, kemudian tata sate yang sudah siap tadi diatasnya. Rapatkan tusukan agar daging sate tak lekas kering sekaligus mempermudah proses pembalikkan. Nah, sate ayam ini harus rajin dibolak-balik agar matang merata dan tak gosong pada satu sisi.

 

Selama proses pembakaran, penting juga untuk mengoleskan bumbu agar lebih bercitarasa ketika matang nanti. Apabila ada sisa bumbu marinasi kacang bisa dicampur dengan mentega dan kecap manis. lalu oleskan secara merata pada daging sate. Bakar sate hingga matang dan terkaramelisasi.

 

Sederhana, kan? Segera sajikan sate ayam yang masih panas dengan saus kacang gurih, potongan lontong atau sepiring nasi hangat, dan taburan bawang goreng. Selamat mencoba!