Resep rempeyek kacang hijau yang renyah dan tahan lama
Step by step membuat peyek kacang hijau

Resep rempeyek kacang hijau yang renyah dan tahan lama

Posted on

Resep rempeyek kacang hijau yang renyah –  Pada artikel sebelumnya, saya telah membagikan resep kacang tanah yang kriuk banget. Dalam hal memasak peyek kacang hijau ini hampir sama dengan peyek kacang tanah. Saya pernah membeli peyek kacang hijau ternyata peyek kacang hijaunya terasa sangat keras. Gigi saya jadi sakit karena tidak kuat mengunyah. Kemudian saya pernah makan peyek kacang hijau dan rasanya lebih renyah dan enak di lidah.

Berdasarkan pengalaman tersebut saya bertanya kepada tetangga yang biasa membuat peyek kacang hijau dan kacang tenah. Tips supaya peyek kecang hijau lebih renyah adalah kacang hijau direndam terlebih dahulu selama 12 jam. Kalau kita perhatikan di rempeyek kacang hijau memang terlihat lebih besar kacang hijaunya. Kemudian tujuan perendaman tersebut agar kacang hijau lebih lunak karena mengembang. Selain itu penambahan telur pada peyek juga semakin membuat adonan peyeknya menjadi lebih renyah. Agar aroma peyek kacang hijau lebih sedap, bisa ditambahkan daun jeruk. Rasanya juga lebih enak seperti ada rasa jeruknya hehehe. Yuk selengkapnya simak penjelasan cara membuat peyek kacang hijau yang renyah.

Resep rempeyek kacang hijau yang renyah dan tahan lama
Step by step membuat peyek kacang hijau

Bahan :

  • 400 gram tepung beras saya pakai merek Rose brand
  • 250 gram kacang hijau
  • 10 lembar daun jeruk
  • Satu bungkus santan kara
  • 1 kg minyak goreng
  • 1 butir telur ayam
  • Air secukupnya

Bumbu halus :

  • 3 butir kemiri
  • ½ sdt ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt garam atau secukupnya
  • 2 ruas kencur
  • ½ sdt bumbu penyedap Royco rasa ayam

Baca juga Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Purwokerto

Cara Membuat Pempek Adaan Yang Bikin Ketagihan

Cara membuat peyek kacang hijau :

  1. Sebelum membuat rempeyek, kacang hijau direndam dahulu selama 12 jam. Tujuannya agar kacang hijau lebih lunak dan terasa renyah ketika sudah menjadi peyek.
  2. Setelah direndam, kacang hijau ditiriskan agar tidak banyak mengandung air.
  3. Daun jaruk diiris kecil-kecil memanjang.
  4. Kita buat adonan peyeknya, sediakan baskom dan masukan tepung beras, bumbu yang sudah dihaluskan, santan kara, irisan daun jeruk, telur ayam yang sebelumnya dikocok terlebih dahulu, dan tambahkan air.
  5. Buat adonan yang encer supaya peyeknya lebih tipis dan renyah. Aduk semua bahan sehingga tercampur rata.
  6. Adonan peyek dicicip apakah rasa asinnya sudah pas ataukan belum kalau kurang asin bisa ditambahkan garam.
  7. Sekarang kita persiapkan untuk menggoreng. Terlebih dahulu siapkan wajan dan tuangkan minyak dan nyalakan api sedang. Tunggu sampai benar-benar panas.
  8. Sebagai takaran adonan untuk membuat peyek bisa dengan menggunakan sendok sayur.
  9. Tuangkan adonan tadi sesuai takaran sendok sayur pada pinggiran wajan. Kemudian siram peyek dengan minyak goreng yang ada dibagian tengah sampai mengelupas. Selama menggoreng peyek tidak perlu dibolak-balik karena peyek rawan pecah. Jadi dibiarkan saja dan tunggu sampai matang. Tapi jangan sampai gosong yah.

Demikianlah resep rempeyek kacang hijau yang renyah dan tahan lama. Semoga bisa menginspirasi bunda di rumah. Jadi kesimpulan dalam membuat peyek ini supaya terasa renyah adalah kacang hijau di rendam dulu kemudian tambahkan juga telur ayam yang telah dikocok. Agar peyeknya lebih awet dan tahan lama setelah menggoreng dibiarkan adem dulu. Kemudian simpan di toples yang kedap udara. bisa toples plastik Tupperware atau toples kaca. Usaha pembuatan peyek kacang hijau ini lumayan menggiurkan. Kita bisa menitipkan di warung-warung terdekat.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga