Resep peyek udang renyah dan tahan lama

Posted on

Resep peyek udang renyah dan tahan lama – Peyek atau rempeyek udang ini sering disajikan di warung makanan. Kalau di tempat saya tinggal di Kota Tegal nama peyek udang dikenal dengan Mirong. Mirong sangat cocok disajikan sebagai pengganti kerupuk ketika kita maka sayur asem. Peyek udang juga bisa hidangkan sebagai cemilan di sore hari.

Berbeda dengan masakan udang gimbal, peyek udang ini supaya renyah memakai tepung beras yang lebih banyak dibanding tepung terigunya. Bisa dengan takaran 200 g tepung beras ditambah dengan 2 sdm tepung terigu. Kalau udang gimbal biasanya dicampur pada masakan tahu gimbal. Udang gimbal terasa lebih lembek karena banyak menggunakan tepung terigu. Jadi resep gimbal udang dengan resep peyek udang ini sama. Yang membedakan adalah komposisi bahan tepungnya. Tepung untuk membual gimbal udang menggunakan 200 gram tepung terigu yang dicampur dengan 2 sendok makan tepung beras.

Resep peyek udang renyah dan tahan lama

Bahan – bahan :

  • 200 gram tepung beras
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 250 gram udang merah ukuran sedang
  • 1 butir telur ayam
  • Air dingin atau air es secukupnya
  • 1 kg minyak goreng

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • Garam secukupnya
  • ½ sendok the bumbu penyedap Royco rasa ayam
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh lada bubuk

Cara membuat peyek udang :

  1. Udang dicuci terlebih dahulu kemudian di buang kumisnya
  2. Sediakan baskom kecil kemudian masukkan tepung beras, tepung terigu, telur ayam yang sudah dikocok, dan bumbu halus. Aduk-aduk sampai merata sambil ditambahkan air dingin. Buat adonan sampai kental.
  3. Masukkan juga udang yang telah dibuang kumisnya. Aduk-aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Panaskan minyak di wajan yang cekung. Tunggu sampai benar-benar panas.
  5. Ambil takaran adonan peyek dengan sendok sayur. Tuangkan di bagian pinggir wajan. Tunggu sebentar dan basahi pinggiran wajan dengan minyak. Goreng sampai peyek udang matang.
  6. Setelah matang, diangkat dan ditiriskan kemudian disajikan.

Resep Peyek Kacang Tanah Tanpa Santan

Resep Peyek Kacang Hijau

Ketika memasak peyek udang bisa di balik, tapi harus hati-hati karena sifat peyek mudah hancur. Setelah matang dan biarkan dingin, langsung saja disimpan di toples plastik maupun toples kaca agar peyek tahan lama. Peyek udang ini bisa bertahan satu minggu karena udangnya tidak digoreng hingga kering. Berbeda dengan peyek rebon atau ebi yang bisa bertahan satu bulan karena peyeknya benar-benar kering.

Satu tips lagi untuk Bunda di rumah yang mau masak peyek. Ketika masak gunakanlah api yang sedang. Jika menggunakan api yang besar peyek cepat matang namun hasilnya akan kemerehan dan mudah gosong juga. Kalau api yang sedang warnanya lebih cantik dan tidak gosong. Sangat nikmat sekali makan peyek udang dengan ditemani teh hangat di rumah. Oke Bunda, demikianlah resep peyek udang renyah dan tahan lama. Semoga bermanfaat 🙂

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga