Resep peyek kacang hijau renyah tanpa santan

Resep peyek kacang hijau renyah tanpa santan

Posted on

Resep peyek kacang hijau renyah tanpa santanpeyek kacang hijau ini pas banget dijadikan cemilan atau sebagai pelengkap makan siang atau makan malam. Kalau tidak benar dalam membuat peyek kacang hijau rasanya bisa keras. Apakah Bunda pernah makan peyek kacang hijau tapi rasa kacang hijaunya keras? Mungkin banyak yang pernah merasakannya hehehe. Nah disini saya akan membagi tipsnya supaya peyek kacang hijaunya terasa lebih renyah.

Kemudian ada beberapa orang yang tidak menyukai santan jadi kali ini resep peyek kacang hijaunya tanpa santan. Ciri-ciri peyek kacang hijau memakai santan warnanya lebih putih dibandingkan tanpa santan. Untuk membuatnya pun sangat mudah seperti membuat peyek kacang tanah pada umumnya.

Tips supaya kacang hijaunya terasa lebih renyah adalah kacang hijau direndam selama semalaman. Kalau dihitung jam kira-kira 8 – 10 jam perendaman. Kacang hijau yang telah direndam biasanya terlihat lebih besar daripada tidak direndam. Ketika menggoreng pun jangan memakai api yang besar, tapi cukup pakai nyala api yang sedang saja. kalau terlalu besar peyek akan mudah gosong dan warnanya akan kecoklatan.

Agar terasa lebih kres lagi, ditambahkan dengan telur ayam yang telah dikocok lepas. Kemudian tinggal dicampurkan ke dalam adonan bersama dengan tepung beras. Agar rasanya lebih bervariasi ditambahkan irisan kecil daun jeruk nipis. Pasti rasa dan aroma daun jeruknya terasa enak dan lebih wangi.

 Bahan :

  • ¼ kg kacang hijau
  • 400 g tepung beras
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 butir telur ayam
  • 1 kg minyak goreng
  • Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

  • ½ sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt garam atau secukupnya
  • ½ sdt bumbu penyedap Royco rasa ayam
Cara membuat peyek kacang hijau :
  1. Sesuai saran di atas, kacang hijau direndam selama 10 jam agar kacang hijau lebih lunak dan terasa lebih renyah nantinya.
  2. Setelah perendalam, kacang hijau ditiriskan.
  3. Daun jeruk nipis atau daun jeruk jenis lainnya di potong-potong tipis.
  4. Sediakan baskom kecil dan masukkan tepung beras, bumbu halus, telur yang sudah dikocok lepas, dan irisan daun jaruk. Tambahkan air secukupnya kemudian diaduk sampai terbentuk adonan peyek yang cukup kental.
  5. Masukkan juga kacang hijau ke dalam adonan dan aduk hingga bahan merata.
  6. Cicipi adonan yang telah dibuat. Jika menurut Bunda rasanya masih kurang pas, bisa ditambahkan bumbu penyedap atau garam sedikit saja.
  7. Panaskan minyak goreng dengan wajan cekung. Pastikan nyala apinya sedang saja jangan pakai yang besar dengan tujuan cepat matang malahan cepat gosong.
  8. Sebagai takaran kita bisa menggunakan sendok sayur atau sendok lainnya.
  9. Tuangkan takaran peyek pada pinggiran wajan sampai pinggirannya penuh.
  10. Sirami bagian peyek yang menempel pada wajan dengan minyak goreng yang ada ditengahnya.
  11. Tunggu sampai peyeknya matang.
  12. Dalam memasak peyek ini tidak perlu dibolak-balik karena peyek mudah hancur.

Demikian resep peyek kacang hijau renyah tanpa santan. Selamat memasak untuk Bunda di rumah. Praktekan juga resep peyek kacang tanah bulat dan resep cireng salju yang gampang dibuat.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga