resep tempe mendoan purwokerto Banyumas

Cara membuat tempe mendoan khas Purwokerto yang sederhana dan enak

Posted on

Cara membuat tempe mendoan Purwokerto – Kalau kita berkunjung ke Purwokerto jangan lupa untuk mencicipi kuliner mendoannya. Mendoan Purwokerto atau yang biasa disebut dengan mendoan Banyumasan ini berbeda dengan gorengan tempe atau mendoan di daerah lainnya. Mendoan Purwokerto memiliki ciri yang sangat khas yakni jenis tempe yang digunakan.

Di luar daerah Banyumas, orang membuat tempe mendoan dengan tempe yang pembuatannya dibungkus plastik atau daun dan bentuknya pun kotak. Kalau pembuatan tempe untuk bahan mendoan di Banyumas pembungkusnya dari daun pisang atau daun nyangkuh yang ada di hutan. Jadi rasanya lebih alami dan sudah pasti lebih sehat dibanding pembungkus plastik.

resep tempe mendoan purwokerto Banyumas

Tempe untuk membuat mendoan ini bentuknya sangat tipis-tipis. Satu ikat tempe biasanya terdapat 2 tempe atau 4 tempe yang berlapis-lapis. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar di atas. Pada gambar tersebut tempe dibungkus dengan daun pisang. Setelah dibuka isinya ada dua lapis dan sangat tipis-tipis dan bentuknya lebar.

Kemudian di kawasan wisata Baturraden Purwokerto terdapat kuliner mendoan Banyumasan yang terletak di dalam wisata alam tersebut. Harganya sangat terjangkau. Satu porsi yang berisi 10 tempe mendoan harganya Rp10.000. jadi satu tempe harganya Rp1000. Sangat murah bukan?

Oke langsung saja saya akan memberikan resep tempe mendoan asli Purwokerto, Banyumas untuk Anda di rumah. Kalau Anda tidak menemukan tempe yang khusus untuk mendoan, Anda bisa memakai tempe yang kotak. Tapi tempenya jangan yang sudah terlalu matang. Karena kalau yang sudah terlalu matang rasanya agak keras.

Bahan :

  • 10 ikat tempe khusus untuk mendoan, alternatifnya bisa menggunakan tempe biasa
  • 250 gram tepung terigu
  • 4 sendok makan tepung beras
  • ½ kg minyak goreng
  • Air secukupnya
  • Daun bawang sebanyak 3 batang yang dipotong-potong

Bumbu halus :

  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • 2 butir kemiri
  • ½ sendok teh bumbu penyedap Royco
  • Garam secukupnya

Langkah – langkah :

  1. Jika Anda tidak menemukan tempe khusus mendoan, bisa memakai tempe biasa yang diiris tipis-tipis.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat adonan tepung. Masukan tepung terigu, tepung beras, potongan daun bawang, dan bumbu.
  3. Tambahkan air secukupnya sampai mengental. Aduk-aduk sampai adonan tercempur merata.
  4. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng. Tunggu sampai minyak benar-benar panas.
  5. Celupkan tempe ke dalam adonan tepung. Goreng tempe sampai tepungnya matang.
  6. Jika tepungnya sudah matang dan tempe masih terlihat lembek, berarti tempe mendoan sudah jadi.

Untuk menikmati tempe mendoan asli Purwokerto, biasanya disajikan lengkap dengan kecap pedasnya. Untuk itu saya akan memberikan resep kecap pedas sebagai pendamping tempe mendoan.

Bahan :

  • Kecap bango secukupnya
  • 2 siung bawang merah yang diiris tipis
  • 5 cabai rawit hijau diiris tipis
  • 1 cabai merah keriting diiris tipis

Cara membuat sambal kecap pedas:

  1. Bahan-bahan yang sudah siap seperti bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah ditempatkan pada mangkok kecil
  2. tuangkan kecap manis bango secukupnya saja.
  3. aduk-aduk sampai merata

Cara menikmatinya adalah dengan mencelupkan tempe mendoan pada sambal kecap. Hemmmm… rasanya pasti sangat nikmat sekali. Bagi Anda yang memiliki jiwa wirausaha, Anda bisa berjualan tempe mendoan. Cari lokasi yang cukup strategis kemudian buka warungnya.

Resep Pempek Kapa Selam

Resep Batagor Kering Spesial

Oya setelah saya baca-baca artikel tentang resep tempe mendoan Purwokerto ternyata pada artikel resep tersebut banyak yang salah. Dalam hal membuat tempe mendoan atau gorengan tempe bumbunya tidak pernah pakai bawang merah. Kalau memakai bawang merah, hasilnya gorengan akan mudah gosong dan berwarna kecoklatan. Warnanya menjadi kurang menarik. Kemudian yang membuat tempe mendoan ini terlihat lembek adalah komposisi tepung terigunya relatif lebih banyak dibanding tepung beras. Jika adonannya lebih banyak tepung berasnya, maka tempe mendoan tidak jadi, malah bisa menjadi tempe krispi.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga