Cara membuat telur asin dengan abu gosok

Cara membuat telur asin dengan abu gosok

Posted on

Cara membuat telur asin dengan abu gosok – Ada tiga cara dalam membuat telur asin, diantaranya adalah dengan batu bata, abu gosok, dan air garam. Ada satu kota yang terkenal dengan telur asinnya. Kota tersebut adalah Brebes. Letaknya di daerah Pantura Jawa Tengah. Brebes sudah lama menjadi sentra ternak bebek dan telur asin.

Kalau Bunda lewat di daerah Pantura Kabupaten Brebes, pasti akan melihat telur asin yang dijajakan. Telur asin sekarang sudah beraneka rasa. Ada telur asin bakar, telur asin durian, dan bawang. Yang membuat telur asin Brebes berbeda dengan telur asin daerah lain adalah kuning telurnya berpasir dan berminyak. Sebenarnya apa yang bisa menyebabkan demikian? Begini ceritanya…

Cara membuat telur asin dengan abu gosok

Bebek yang ada di Kabupaten Brebes mendapat pakan yang baik seperti sisa ikan atau kerang yang diperoleh dari tempat pelelangan ikan. Sisa ikan tersebut sangat bagus bagi bebek sehingga telur yang dihasilkan juga bagus dan kaya protein. Jika bebek hanya diberi bekatul atau sayuran maka telur yang diproduksi kurang bagus. Diantaranya telurnya nanti tidak sekuning telur dari Brebes. Selain itu telurnya tidak bisa berpasir dan berminyak.

Praktekan juga resep peyek kacang tanah yang gurih dan renyah

Resep tempe mendoan khas Banyumasan

Ada juga telur asin palsu. Telur asin palsu ini dibuat dari telur ayam yang dicat kemudian di rebus. Ciri-ciri telur asin palsu adalah ukurannya lebih kecil dibandingkan telur asin asli. Kulit cangkang telur pun terlihat lebih tipis dibandingkan telur asin. Nah pada bagian kuning telur asin palsu lebih kecil sedangkan telur asin asli memiliki kuning telur yang lebih besar.

Bahan :

  • 10 butir telur asin
  • Abu gosok setengah ember
  • 100 gram garam dapur
  • Air secukupnya

Cara membuat telur asin dengan abu gosok :

  1. Telur asin dicuci terlebih dahulu
  2. Campurkan abu gosok dengan garam, aduk-aduk sampai merata.
  3. Tambahkan air pada campuran abu gosok dan garam. Aduk-aduk lagi. Buat seperti adonan tapi airnya sedikit saja yah supaya abu gosoknya bisa menempel pada telur.
  4. Telur asin dilumuri dengan abu gosok sampai merata.
  5. Letakkan bakalan telur asin tadi pada wadah atau keranjang yang kering.
  6. Simpan bakalan telur asin di atas sampai 12 atau 14 hari.
  7. Ambil telur bebek dan bersihkan dari abu gosoknya.
  8. Telur asin bisa dikukus atau rebus selama 20 menit.

Demikianlah cara membuat telur asin dengan abu gosok yang sangat mudah. Oya abu gosoknya bisa digunakan kembali untuk membuat telur asin sampai selanjutnya. Jadi jangan sampai dibuang. Telur asin ini sangat kaya dengan protein sehingg sangat baik untuk anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Tiga hari sekali saya biasanya menyediakan telur asin untuk anak sebagai variasi protein selain dari ayam ataupun ikan. Kalau kita membeli telur asin di warung harganya cukup mahal, yakni Rp4000. Saat ini telur asin Brebes yang asli harganya sudahRp4500. Sedangkn telur asin bakar harganya Rp5000.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga