Cara membuat tahu aci Banjaran Tegal yang crispy

Cara membuat tahu aci Banjaran Tegal yang crispy

Posted on

Cara membuat tahu aci Banjaran Tegal yang crispy – Kalau kita berkunjung ke kota tegal jangan lupa untuk menikmati wisata kulinernya seperti nasi ponggol, kupat bongkok, tahu aci, dan olos. Khusus tahu aci dan olos ini bahan bakunya sama yaitu tepung tapioka atau pepung kanji. Tahu yang biasa digunakan sebagai bahan tahu aci ini adalah tahu putih, tapi tahu warna kuning juga sering digunakan. Mungkin Bunda di rumah sudah bisa menebaknya rasa dan teksturnya bagaimana kan?

Ternyata tahu aci ini sudah menyebar ke seantero pulau Jawa. Di daerah ibukota Jakarta saja sudah banyak yang berjualan tahu aci. Nah di daerah Tegal ini ada daerah khusus lagi yang mahir membuat tahu aci. Namanya daerah Banjaran dan biasa dikenal dengan nama Tahu Aci Banjaran. Banjaran merupakan nama sebuah wilayah diperbatasan Kota Tegal dengan Kabupaten Tegal.

Cara membuat tahu aci Banjaran Tegal yang crispy

Para pecinta tahu aci ini tidak hanya kalangan bawah saja lho. Tetapi kalangan atas pun sangat menyukainya. Kalau di dekat rumah saya di Tegal ada penjual gorengan dengan nama Tahu Aci Banjaran Ibu Dewi dan Tahu Aci Murni Banjaran. Duh kalau malam ngantrinya banyak banget. Padahal tempatnya kecil tapi yang ngantri orang pada bawa mobil sampai ada tukang parkirnya segala. Tahu aci ini bisa dijadikan oleh-oleh. Nah kalau berkunjung ke Tegal bisa membawa oleh-oleh berupa tahu aci yang sudah matang atau yang masih mentah. Dalam satu box putih berisi tahu aci mentah sebanyak 20 buah. Jadi bisa digoreng di rumah dan disantap bersama keluarga.

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 10 buah tahu putih atau tahu kuning
  • Daun kucai secukupnya
  • 1 liter minyak goreng

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh bumbu Royco rasa ayam
  • Garam secukupnya

Resep Tempe Mendoan Khas Banyumas

Cara membuat tahu aci Banjaran Tegal yang crispy  :

  1. Bumbu dihaluskan terlebih dahulu dengan cara diulek atau diblender.
  2. Daun kucai atau daun bawang kecil di potong-potong dengan ukuran yang kecil. Kalau tidak ada daun kucai juga tidak masalah dan bisa digantikan daun bawang biasa namun irisanya yang tipis dan kecil.
  3. Satu tahu putih dipotong menjadi dua dan membentuk diagonal. Lihat pada foto tahu aci di atas.
  4. Cara membuat adonan tahu aci :
  5. Buat adonan tepung tapioka. Sediakan baskom kecil. Masukkan tepung tapioka, tepung terigu, daun kucai, dan bumbu halus. Sedikit-demi sedikit tambahkan air dan aduk sampai bahan merata.. air secukupnya saja dan cukup membasahi adonan sehingga adonan nantinya mudah menempel di tahu. Intinya adonan tepung jangan sampai encer seperti membuat gorengan atau membuat rempeyek.
  6. Ambil tahu satu persatu kemudian tempelkan adonan tepung tadi pada bekas irisan tahu yang diagonal. Lakukan hal tersebut sampai tahu telah dilengkapi dengan adonan tepung.
  7. Panaskan miyak di wajan yang cekung. Tunggu sampai minyak benar-benar panas.
  8. Masukkan tahu yang sudah ada adonan tepungnya ke dalam wajan secara pelan-pelan. Langsung saja tahu di taruh di dalam minyak. Jadi tidak seperti membuat gorengan tahu atau tempe, kan biasanya membuat gorengan diletakkan di pinggir wajan dahulu.
  9. Goreng tahu aci sampai matang dengan cara dibolak-balik agar matangnya merata.
  10. Sajikan tahu aci dengan sambal kecap atau sambal saus pedas.

Demikianlah cara membuat tahu aci Banjaran Tegal yang crispy. Selamat memasak dan selamat berkreasi.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga