cara membuat susu kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai Rasa Buah agar Tidak Langu

Posted on

Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman sehat yang diolah dengan cara diekstrasi terlebih dahulu. Jenis minuman ini, merupakan alternatif terbaik dan sangat cocok bagi mereka yang kurang suka dengan susu hewani. Susu kedelai sebaiknya dikonsumsi secara rutin karena mengandung banyak gizi di dalamnya. Kandungan dari susu kedelai di yakini para pakar kesehatan, tidak kalah dengan kandungan susu sapi.

cara membuat susu kedelai
Namun sayangnya, susu kedelai mudah langu terutama jika pengolahan yang dilakukan tidak tepat dan kurang higienis. Nah, bagi anda yang tertarik ingin membuat susu kedelai yang tidak mudah langu, ada baiknya anda simak resepnya berikut ini.
Alat-alat yang diperlukan
a. Baskom
b. Panci
c. Kompor
d. Saringan
e. Blender
Bahan-bahan yang digunakan
a. Kedelai sebanyak 500 gram.
b. Gula sesuai dengan selera.
c. Air sebanyak 3 liter.
d. Penghilang bau langu yakni larutan natrium bikarbonat.
e. Perasa buah sesuai selera.

Cara Membuat Susu Kedelai Rasa Buah agar Tidak Langu
Setelah bahan serta alat-alat yang dibutuhkan untuk pengolahan selesai anda siapkan, langkah selanjutnya adalah dengan memasak susu kedelai anda. Berikut ini prosesnya:
1. Langkah pertama adalah dengan melakukan penyortiran. Langkah ini dilakukan untuk memilih kedelai mana yang berkualitas baik dan mana yang harus dibuang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil pengolahan susu kedelai yang bagus untuk keperluan konsumsi.
2. Setelah penyortiran dilakukan, langkah berikutnya adalah dengan membersihkan kedelai dari debu serta kotoran yang menempel.
3. Lakukan perendaman pada kedelai yang telah anda cuci untuk mempermudah dalam melepaskan kulit ari dari kedelai sekaligus untuk membuat kedelai menjadi lebih lunak. Perendaman umumnya dilakukan selama kurang lebih 8 hingga 12 jam dengan diberi tambahan berupa natrium karbonat dengan takaran 1,1 % dari berat kacang kedelai.
4. Rebus kacang kedelai yang telah dicampur dengan natrium karbonat tersebut hingga mendidih.
5. Setelahnya blender kedelai yang telah dingin hingga menjadi seperti bubur.
6. Jika sudah, anda bisa melakukan filtrasi dengan cara menyaring bubur kedelai dengan kain penyaring halus untuk mendapatkan sari kedelainya.
7. Rebus sampai mendidih sari kedelai untuk menghilangkan mikroorganisme patogen yang bersifat merusak dan dapat membuat susu kedelai mudah basi. Pada saat perebusan, anda bisa menambahkan gula serta perasa buah yang anda suka ke dalamnya.
8. Langkah terakhir adalah dengan melakukan pengepakan serta penyimpanan. Jika memang susu tidak langsung dikonsumsi, ada baiknya anda menyiapkan wadah tertutup untuk kemudian dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.
Susu kedelai merupakan salah satu susu favorit yang digemari oleh banyak orang. Susu kedelai sendiri bisa dibuat dengan langkah yang praktis dan tentunya menggunakan alat-alat yang mudah didapat dari dapur. Susu kedelai juga dijual dengan harga yang murah dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Selamat mencoba!

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga