cara membuat sambal dabu dabu

Cara membuat sambal dabu-dabu lilang Manado

Posted on

Kota Manado merupakan kota terbesar kedua setelah kota Makassar yang ada di pulau Sulawesi. Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, Manado juga terkenal dengan kulinernya yang terkenal pedas. Salah satunya adalah sambal dabu-dabu lilang. Sambal dabu-dabu ini biasanya disajikan dengan ikan bakar atau ikan goreng. Dilihat dari bahannya, sambal dabu-dabu ini lebih terasa pedas dari sambalnya orang Jawa karena sambel ini bahannya mentah. Bahan utama dalam membuat sambal dabu-dabu adalah cabai rawit, tomat, dan bawang merah.

Dalam membuat sambal dabu-dabu sangatlah mudah dan simple karena kita tidak perlu menggoreng sambal pada umumnya. Jadi sambal ini hanya irisan-irisan bahan yang mentah kemudian disajikan dengan ikan bakar maupun ikan goreng. Pokoknya sambal dabu-dabu ini disajikan pada makanan seafood di Makassar. Di Jakarta juga ada cabang masakan khas Manado. Kalau yang mau coba rasa pedasnya silahkan googling saja yah karena saya pribadi sebenarnya tidak doyan makanan yang terlalu pedas.

Bahan yang diperlukan :

  • 8 buah cabai rawit kemudian dipotong-potong kecil
  • 1 buah cabai merah besar kemudian dibuang bijinya
  • 5 siung bawang merah kemudian dikupas dan diiris tipis
  • 1 buah jeruk nipis yang dibelah menjadi 4 bagian
  • 1 buah tomat merah yang dibuang isinya dan dipotong-potong kecil
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan gula pasir atau gula merah secukupnya
  • Minyak goreng atau minyak zaitun yang lebih bagus
  • 5 lembar daun kemangi yang dipotong kecil

Cara membuat sambal dabu-dabu lilang Manado :

  1. Semua bahan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tomat, garam dan gula serta daun kemangi dicampur menjadi satu pada wadah.
  2. Jeruk nipis diperas dan dituangkan pada wadah yang sudah berisi bahan.
  3. Minyak goreng dipanaskan dan tuangkan pada bahan serta aduk-aduk sampai merata.

Demikianlah cara membuat sambal dabu-dabu lilang Manado. Oya minyak gorengnya jangan terlalu banyak yah. Cukup 3 sendok makan minyak goreng saja sudah cukup. Jika rasanya masih terlalu pedas bisa ditambahkan gula pasir. Kalau sambal dabu-dabu di Manado rasanya sangat pedas. Namun kalau kita mau pesan sambal ini bisa request jangan terlalu pedas. Cara untuk mengurangi pedasnya porsi cabai rawit dikurangi dan gulanya bisa ditambah.

Dalam versi lain kamu bisa menambahkan irisan mentimun dipotong kotak-kotak. Rasanya akan lebih segar lagi lho. Kalau pas Bunda mampir ke Jakarta, disana ada kuliner Makanan Khas Manado di Restoran Bumbu Den yang berada di Jalan Boulevard Raya Blok QA1 No. 6, Jakarta. Untuk melihat petanya di google maps yah. Restoran tersebut buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga