Cara membuat peyek udang rebon yang renyah

Cara membuat peyek udang rebon yang renyah

Posted on

Cara membuat peyek udang rebon yang renyah – Peyek udang rebon mudah kita jumpai di wilayah Pantura seperti Kabupaten Tegal, Brebes, dan Cirebon. Peyek udang rebon ini memiliki rasa yang khas sekali. Bahan utama dalam membuat rempeyek rebon ini hanya tepung beras dan rebon. Kalau di tempat saya Tegal, rebon biasa disebut dengan ebi. Bagaimana dengan nama udang yang kecil-kecil di daerah Bunda?

Cara membuat peyek rebon ini sangatlah mudah karena caranya sama dengan resep peyek kacang hijau atau resep peyek kacang. Salah satu rahasia agar peyeknya renyah adalah dengan memberikan telur yang telah dikocok dan penambahan santan. Kemudian tepungnya hanya memakai tepung beras saja, jangan ditambah dengan tepung terigu. Kadang saya heran sendiri banyak blog yang menulis resep peyeknya ditambah tepung terigu. Sedangkan tepung terigu sendiri sifatnya lunak atau membuat gorengan menjadi lembek. Tepung terigu hanya cocok untuk membuat gorengan seperti bakwan, tempe mendoan, dan pisang goreng.

Cara membuat peyek udang rebon yang renyah

 

Bahan yang diperlukan :

  • 300 gram tepung beras
  • 100 gram rebon atau ebi
  • Minyak goreng
  • Air secukupnya
  • 1 butir telur ayam
  • 1 bungkus santan Kara yang kecil

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • ¼ sendok teh penyedap rasa Royco
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri

Langkah-langkah :

  1. Rebon dicuci terlebih dahulu. Kemudian ditiriskan
  2. Telur dikocok lepas
  3. Buat adonan peyek dengan menyediakan baskom yang kecil saja. Masukkan tepung beras, rebon, bumbu yang sudah dihaluskan, telur, santan Kara, dan tambahkan air sedikit-sedikit. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan adonan cukup kental.
  4. Panaskan wajan yang cekung dan masukkan minyak goreng. Tunggu sampai benar-benar panas.
  5. Tuangkan adonan peyek rebon ke dalam pinggiran wajan cekung. Bunda bisa menggunakan takaran sendok sayur yang kecil. Setelah beberapa saat sirami dengan minyak goreng yang ditengah sehingga peyeknya jatuh ke tengah minyak.
  6. Goreng hingga matang kemudian angkat dan tiriskan
  7. Supaya peyek ebi lebih tahan lama, setelah peyek sudah dingin bisa dimasukkan ke dalam toples yang rapat atau plastik bening juga bisa.

Demikianlah resep cara membuat peyek udang rebon yang renyah. Semoga bisa memberi wawasan Bunda di rumah dalam memasak peyek. Agar peyeknya lebih beraroma sedap, bisa ditambahkan irisan tipis daun jeruk. Oya kalau masak peyek rebon ini jangan memakai api yang besar supaya cepat matang yah. Api yang besar akan membuat peyek cepat matang dan gosong. Warnanya menjadi kurang menarik dan rasanya pun sedikit berbeda alias pahit. Untuk mengurangi tingkat keasinan dari rebon, Bunda bisa merendam rebon selama 15 menit. Rendam rebon dengan air garam sedikit saja. Penambahan air garam pada rendaman rebon akan membuat garam yang telah menempel pada rebon akan lepas dan menyatu dengan air yang digunakan untuk merendam. Selamat memasak ya Bun…. 🙂

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga