Cara membuat peyek kedelai hitam tanpa santan yang renyah

Cara membuat peyek kedelai hitam tanpa santan yang renyah

Posted on

Cara membuat peyek kedelai hitam tanpa santan – Mungkin banyak orang yang jarang melihat ada peyek kedelai hitam. Kalau di tempat kelahiran saya Banyumas, rempeyek kedelai hitam ini sering dijadikan sebagai salah satu sumbangan hajatan. Jadi kalau kita nyumbang hajatan pulang-pulang bawa satu bungkus peyek kedelai. Peyek kedelai hitam ini sudah dari jaman dahulu kata nenek saya. Rasanya yang renyah dan gurih membuat kita tidak bisa berhenti makan peyek kedelai hitam ini.

Cara membuatnya sama seperti resep peyek kacang tanah. Untuk kali ini saya membuat peyek kedelainya tanpa santan karena kebetulan di rumah sedang tidak ada santan. Agar lebih renyah, saya tambahkan 2 butir telur yang dikocok. Supaya kedelainya tidak keras ketika sudah jadi peyek, terlebih dahulu kedelai hitam di rendam dalam air dingin selama 4 jam. Di rendam pagi hari, siangnya baru dibuat peyek.

Resep peyek kacang hijau tanpa santan

Untuk mendapatkan kedelai hitam ini cukup mudah, kita bisa membelinya di pasar tradisional dekat rumah. Belinya jangan di Alfamart yah karena saya jamin tidak ada hehehe. Supaya peyeknya tidak kecoklatan seperti mau gosong, Bunda bisa menyalakan api yang sedang saja. Kalau kebesaran hasilnya kurang bagus. Oke berikut resep peyek kedelai hitamnya :

Bahan yang diperlukan :

  • 250 gram kacang kedelai hitam
  • 500 gram tepung beras
  • 2 butir telur ayam yang kocok lepas
  • 1 liter minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 butir kemiri
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh Royco rasa ayam

Resep peyek udang rebon

Cara Membuat peyek:

  1. Kacang kedelai hitam direndam terlebih dahulus selama 4-6 jam supaya rasanya lunak dan tidak keras ketika sudah jadi peyek. Kemudian ditiriskan
  2. Sediakan baskom kecil dan masukkan tepung beras, bumbu halus, telur ayam yang sudah dikocok, dan kacang kedelai.
  3. Tambahkan air secukupnya dan aduk-aduk sampai adonan terbentuk. Adonan jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer juga ya.
  4. Panaskan minyak dalam wajan cekung. Tunggu sampai panas.
  5. Untuk takaran peyek kedelai bisa menggunakan sendok sayur.
  6. Ambil satu sendok sayur kemudian tuangkan pada pinggiran wajan sampai melebar. Lakukan hal ini sampai keliling wajan penuh.
  7. Sirami peyek yang ada di pinggir wajan dengan minyak goreng yang ada di tengahnya.
  8. Tunggu sampai peyek kedelai matang sampai berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Supaya peyek kedelai hitam awet dan tahan lama, setelah dingin disimpan pada toples yang rapat. Cara membuat peyek kedelai hitam tanpa santan yang renyah sangatlah mudah bukan? Selamat mencoba.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga