Cara membuat peyek kacang tanah yang renyah dan tahan lama
Steb by step membuat peyek kacang tanah

Cara membuat peyek kacang tanah yang renyah dan tahan lama

Posted on

Cara membuat peyek kacang tanah yang renyah dan tahan lama  – Peyek atau rempeyek kacang tanah ini merupakan salah satu jenis makanan asli Indonesia. Di berbagai wilayah kita bisa menemukan peyek. Peyek bisa terbuat dari kacang tanah, udang, kacang hijau, kedelai dan bahan lainnya. Peyek kacang tanah bisa ditambahkan irisan daun jeruk yang tipis sehingga rasa dan aromanya lebih enak dan wangi jeruk.

Peyek kacang tanah ini bisa dijadikan cemilan atau sebagai pendamping lauk. Rasanya yang enak membuat makan kita menjadi lebih lahap dan minta tambah. Supaya peyek kacang tanah terasa lebih renyah rahasianya adalah ditambahkan telur dan santan. Santan ini memberikan warna yang putih dan rasanya lebih kres atau renyah. Jika Anda telaten mau membuat peyek ini, bisa dijual atau di titipkan di warung-warung terdekat. Lumayan bisa menambah penghasilan keluarga.

Cara membuat peyek kacang tanah yang renyah dan tahan lama
Steb by step membuat peyek kacang tanah

Peyek kacang tanah juga bisa dijadikan oleh-oleh keluarga. Jika ada keluarga yang merantau dan pulang ke rumah, berangkatnya lagi bisa dibawain oleh-oleh peyek dari desa. Kalau sudah di kota harga peyek ini relatif mahal. Satu bungkusnya Rp10.000. Kalau di desa Rp1000 peyek kacang tanah sudah dapat banyak.

Bahan yang diperlukan :

  • 250 gram kacang tanah
  • 400 gram tepung beras berbagai merek
  • Satu bungkus kecil santan kara
  • Daun jeruk secukupnya
  • Air secukupnya
  • 1 kg minyak goreng
  • 1 butir telur ayam

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 siung bawang putih
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 2 ruas kencur
  • ½ sendok teh garam atau secukupnya
  • ½ sendok teh bumbu penyedap Royco

Baca juga Resep Tempe Mendoan Purwokerto yang Empuk

Resep Pempek Kapal Selam Maknyussss

Cara membuat peyek kacang tanah yang renyah :

  1. Langkah pertama adalah membuat bumbu halus. Bumbu diulek di cobek sampai halus. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kacang tanah dibersihkan kulitnya kemudian dipotong-potong. Misalnya satu butir kecang tanah dipotong menjadi empat atau enam bagian.
  3. Daun jeruk diiris kecil-kecil.
  4. Sekarang kita buat adonan untuk peyek kacang tanah. Sediakan baskom ukuran sedang. Masukkan tepung beras, bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan juga satu bungkus santan kara, daun jeruk, dan tuangkan air secukupnya. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampu rata.
  5. Masukkan juga telur ke dalam adonan. Sebelumnya telur dikocok terlebih dahulu. Kemudian semua bahan diaduk-aduk sampai merata. Adonan dibuat agak encer supaya peyeknya terasa lebih renyah.
  6. Setelah adonan peyek jadi. Tambahkan juga kacang tanah yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk lagi yah adonanannya.
  7. Sekarang kita tinggal siapkan wajan dan masukkan minyak goreng. Nyalakan api dan tunggu sampai benar-benar panas. Untuk mengecek minyak gorengnya sudah panas, bisa dites sedang meneteskan adonan tepung ke dalam minyak.
  8. Saatnya kita buat peyek kacang taha dengan mengambil satu sendok sayur adonan, kemudian letakkan dipinggir wajan yang dekat dengan minyak.
  9. Adonan peyek yang menempel pada bagian pinggir wajan disirami dengan minyak yang ditengah dengan menggunakan susut atau alat yang lainnya. Hati-hati jangan sampai minyaknya terkenan kulit.

Demikianlah resep peyek kacang tanah yang renyah ini semoga bisa menambah wawasan Anda di rumah. Supaya tahan lama, peyek kacang tanah dimasukkan ke dalam toples atau plastik yang kedap udara. Saat ini saya biasa menempatkan peyek atau keripik di toples plastik dari Tupperware. Dijamin keripik atau peyek lebih tahan lama karena tidak ada udara yang keluar masuk.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga