Cara Membuat Kue Pukis Yang Lembut

Posted on

Siapa yang tidak mengenal kue pukis? Kue yang berasal dari Indonesia ini termasuk ke dalam golongan kue basah. Cita rasanya yang sangat lezat dan teksturnya yang sangat lembut banyak dijadikan pilihan banyak orang sebagai sajian dalam acara apapun. Saat ini kue pukis pun dikombinasikan dengan berbagai rasa dan topping seperti keju, meses ataupun kacang.

Anda dapat menemukan jajanan basah ini di berbagai tempat seperti toko kue atau pasar. Anda pun juga dapat membuat kue basah ini sendiri di rumah. Cara membuatnya pun sangat mudah, anda dapat mengikuti resep kue pukis yang lembut di bawah ini.

Cara Membuat Kue Pukis Yang Lembut

Bahan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 sendok makan ragi instan
  3. 200 gram gula pasir
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh vanili bubuk
  6. ½ sendok teh pasta vanili
  7. 2 butir telur ayam
  8. 20 gram margarin (dilelehkan)
  9. 125 ml santan kelapa
  10. 50 ml air hangat
  11. Berbagai macam taburan topping (sesuai selera):
  • – Meses
  • – Keju
  • – Kacang tanah
  • – Dan masih banyak lainnya.

 

Cara membuat:

  1. Pertama kali rebus santan terlebih dahulu dengan api kompor yang sedang, rebus hingga mendidih. Jangan lupa untuk mengaduk santan agar tidak pecah. Bila sudah mendidih angkat dan dinginkan
  2. Kemudian larutkan ragi instan dalam air hangat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga berbusa.
  3. Kocok telur, gula pasir, dan garam dengan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga campuran adonan mengembang
  4. Masukkan tepung terigu dan santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit hingga semua bahan dapat tercampur rata.
  5. Masukkan ragi instan yang sudah dilarutkan tadi ke dalam adonan. Aduk adonan hingga tercampur rata dan kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang.
  6. Tambahkan margarin yang telah dilelehkan ke dalam adonan dan aduk hingga merata.
  7. Tambahkan pula vanili bubuk dan pasta vanili ke dalam adonan untuk menambah cita rasa kue pukis.
  8. Jangan lupa untuk memanaskan cetakan kue pukis terlebih dahulu. Setelah cetakan dirasa panas, oleskan dengan mentega agar tidak lengket dan kemudian tuangkan adonan ke dalam cetakan pukis.
  9. Anda dapat menaburi kue pukis dengan berbagai topping sesuai dengan selera anda seperti meses, kacang, keju, dan lainnya. Anda dapat memberinya topping ketika kue pukis hampir atau setengah matang.
  10. Anda dapat mengetahui kematangan kue pukis dengan memperhatikan pinggiran kue. Bila pinggiran kue pukis sudah berwarna kecoklatan dan mengering serta bagian atas telah mengembang maka anda dapat mengangkat kue pukis dan sajikan di atas piring.

 

Yang perlu anda perhatikan, untuk mendapatkan tekstur dan hasil kue pukis yang lembut dan enak adalah dengan memperhatikan kekentalan adonan. Usahakan agar adonan kue pukis tidak terlalu kental ataupun terlalu cair. Selain itu, pilihlah ragi instan yang baik dan berfermentasi sempurna. Sehingga saat kue pukis matang, tekstur kue akan lebih halus dan empuk tentunya. Sekian resep untuk membuat kue pukis yang lembut. Semoga dapat membantu anda dan selamat mencoba.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga