Cara Membuat Keripik Talas Agar tidak Gatal

Posted on

Cara membuat keripik talas agar tidak gatal – Talas atau mbote banyak dikenal oleh masyarakat serta banyak juga yang menjadikannya sebagai camilan. Talas adalah sejenis umbi-umbian yang menimbulkan sensasi rasa yang sedikit gatal saat dimakan dan ini adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh tanaman yang berdaun lebar ini. Karena adanya sensasi rasa yang gatal inilah, kita hendaknya memperhatikan dengan baik cara untuk mengolah talas supaya, rasa gatal tersebut bisa hilang dan layak di makan.

Nah, seperti judul di atas, kali ini kami akan share mengenai cara untuk membuat keripik talas supaya tidak gatal. Anda penasaran bagaimana caranya? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara membuat keripik talas agar tidak gatal

Cara Mengolah Talas Supaya tidak Gatal

 Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan zak kalsium oksalat, zat yang menyebabkan gatal di dalam talas, antara lain sebagai berikut:

  1. Menjemur

Menjemur adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan zat kalsium oksalat dari dalam talas, mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya. Namun proses ini tentu membutuhkan waktu yang lama serta sinar matahari yang cukup dan terkadang malah menimbulkan warna biru pada talas dan talas harus diiris tipis terlebih dahulu.

 

  1. Merendam Talas dalam Larutan Air Garam

Cara yang kedua adalah dengan merendam umbi talas ke dalam larutan air garam, supaya terjadi reaksi antara NaCl dengan Kalsium Oksalat. Caranya adalah dengan mengupas talas terlebih dahulu lalu mencucinya hingga bersih baru kemudian direndam dalam larutan air garam.

Proses perendaman ini dilakukan hingga 30 menit lamanya, kemudian cuci kembali talas untuk menghilangkan sisa-sia reaksi kimia antara NaCl dengan Kalsium Oksalat dari dalam talas.

 

  1. Selektif dalam Memilih Talas

Selain kedua cara diatas, bersikap selektif dalam memilih talas yang akan dijadikan keripik juga bisa menurunkan potensi rasa gatal dalam talas. Pilihlah talas yang tidak terlalu tua. Hindari memilih talas yang bahkan sudah muncul tunas pada umbinya.

Anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara untuk mengatasi rasa gatal pada keripik talas, namun yang kami sarankan adalah cara yang kedua, yakni dengan menggunakan larutan air garam.

 

Cara Membuat Keripik Talas

Setelah Anda mengetahui ketiga cara agar keripik talas tidak gatal seperti diatas, selanjutnya kami akan membagikan cara untuk membuat keripik talas (jika Anda memilih cara nomer 2 dan ketiga untuk menghilangkan rasa gatal pada talas), antara lain sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
  • Talas yang sudah dikupas atau yang sudah direndam dalam air garam
  • Bawang putih secukupnya
  • Minyak goreng
  • Larutan air garam secukupnya untuk memberikan rasa gurih pada keripik
  1. Kupas bawang putih lalu haluskan dan masukkan ke dalam larutan air garam
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya
  3. Iris tipis talas yang telah disediakan lalu celupkan ke dalam larutan air garam
  4. Langsung goreng irisan talas yang telah dicelupkan ke dalam larutan air garam tadi hingga matang lalu tiriskan
  5. Jika Anda menginginkan rasa yang lain, Anda bisa menambahkan aneka bumbu tabur ke atasnya dan keripik talas siap untuk disantap

Nah, itulah cara untuk membuat keripik talas yang gurih dan lezat, serta tentunya  tidak gatal. Selamat mencoba.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga