Cara membuat cimol agar tidak meletus

Cara membuat cimol agar tidak meletus

Posted on

Resep cara membuat cimol agar tidak meletus – Cimol merupakan salah satu jajanan yang terbuat dari bahan baku tepung tapioka. Konon asal muasal makanan ini berasal dari daerah Jawa Barat. Cimol ini paling nikmat jika ditambah dengan bumbu tabur seperti rasa balado, rasa sapi panggang (barbeque), rasa jagung manis, dan rasa pedas manis.

Untuk membuat cimol ini ternyata sangatlah mudah. Bunda di rumah saya yakin bisa membuatnya. Sebenarnya kita memang mudah untuk menemukan penjual cimol. Cimol biasanya dijajakan di pinggir jalan atau kaki lima dengan harga Rp1000 dapat 3 buah cimol. Untuk menikmati cimol paling enak buat ngemil siang atau sore hari. Kalau kita lihat, ada cimol yang sedikit mengembang dan ada cimol yang tidak mengembang. Salah satu rahasia agar cimol bisa mengembang adalah pakai soda kue. Jadi kalau Bunda mau membuat cimol yang mengembang bisa ditambahkan soda kue.

Jika Bunda yang ingin berwirausaha, jajanan cimol ini juga bisa dijadikan lahan bisnis yang menggiurkan. Dengan bahan baku tepung yang murah meriah ini, bisa menghasilkan omset yang cukup besar kalau ditekuni. Apalagi kalau sudah memiliki banyak cabang. Kalau saya pribadi sebenarnya ingin buka warung jajanan, tapi masih sulit untuk mencari lokasi yang strategis.

Bahan yang diperlukan :     

  • 200 gram tepung terigu
  • 250 gram tepung kanji (tepung tapioka)
  • 4 siung bawang putih kemudian dihaluskan
  • Garam secukupnya
  • Bumbu penyedap Royko secukupnya
  • ½ sendok teh ketumbar bubuk
  • Air hangat 2 gelas

Cara membuat cimol :         

  1. Sediakan baskom yang kecil saja. masukkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, ketumbar, Royco, dan garam. Aduk-aduk sampai bahan merata.
  2. Siram adonan tadi dengan air hangat sambil di aduk-aduk hingga terbentuk adonan yang kenyal dan mudah dibentuk atau dalam bahasa Jawanya kalis.
  3. Sekarang kita tinggal membuat bulatan-bulatan dari adonan cimol tadi sampai semua adonan habis.
  4. Agar mudah membuat bulatan-bulatan cimol, tangan kita diolesi dengan tepung beras supaya adonan cimol tidak lengket di tangan.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tunggu sampai panas. Jangan lupa pakai api yang kecil saja supaya cimolnya tidak meletus.
  6. Masukan bulatan cimol ke dalam minyak goreng. Goreng sambil dibolak-balik sampai merata.
  7. Setelah terlihat matang, angkat dan tiriskan hingga dingin.
  8. Sajikan cimol dengan bumbu balado atau dengan rasa yang lainnya.

Demikianlah cara membuat cimol agar tidak meletus. Semoga bisa menginspirasi dan menambah wawasan Bunda di rumah. Baca juga resep cireng salju aneka rasa dan Resep sempolan super gurih

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga