Cara membuat bakwan yang enak dan praktis

Posted on

Kali ini saya akan berbagi resep cara membuat bakwan yang enak dan praktis. Sebelumnya sudah ada rahasia resep bakwan crispy yang gampang dipraktekan. Berhubung persediaan bahan di dapur sudah menipis dan belum sempat belanja, di rumah Cuma ada tepung terigu, sedikit tepung beras, satu buah wortel, dan sedikit kol. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat bakwan goreng saja.

Ketika itu sedang hujan lebat dan mau membeli lauk pun juga malas karena persediaan di dapur mau habis. Tapi masih tersisa dua butir telur. Kalau bakwannya dicampur telur, kira-kira enak tidak yah? Hemmm.. mau nyoba tapi rasanya saya, mending telurnya di dadar saja yah. Oke, resep bakwan ini mungkin yang paling sederhana. Ternyata para penjual bakwan yang di pinggiran jalan pun resepnya sederhana seperti yang saya jelaskan nanti.

cara membuat bakwan yang enak dan praktis

Bahan :

  • 200 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 250 gram kol
  • Minyak goreng secukupnya

Resep Tahu Aci Khas Tegal

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendokh teh garam
  • ½ sendok teh Royco rasa ayam
Langkah-langkah membuat bakwan:
  1. Kol dan wortel di cuci terlebih dahulu. Wortelnya jangan lupa dikupas. Kedua bahan tersebut dipotong-potong ukuran kecil. Untuk wortel dipotong stik kecil.
  2. Semua bumbu diulek dicobek.
  3. Kita buat adonannya, sediakan baskom ukuran kecil saja. Masukkan tepung terigu, tepung beras, bumbu halus, dan tambahkan air sampai adonan jadi sambil diaduk merata. Masukkan potongan kol dan wortel, semua bahan diaduk-aduk lagi.
  4. Panaskan minyak pada wajan yang cekung. Tunggu sampai panas.
  5. Masukkan adonan bakwan ke dalam minyak. Caranya dengan takaran sendok sayur. Tuangkan adonan dipinggiran wajan atau langsung saja dimasukkan ke tengah minyak goreng. Goreng bolak-balik sampai matang.
  6. Sajikan bakwan selagi masih hangat.

Demikianlah cara membuat bakwan yang enak dan praktis. Supaya rasanya lebih enak lagi, ketika mengulek bumbu dan membuat adonan penuh dengan perasaan senang dan cinta. Katanya seperti itu. Kalau masaknya tidak sepenuh hati, bisa saja rasanya bisa terlalu asin atau tidak enak. Saat ini kalau ditempat saya di Tegal, harga gorengan sudah Rp2000 dapat tiga gorengan. Duhh…. Semakin mahal saja nih. Tapi ada penjual yang masih menjual harga per gorengan Rp500 tapi sayang bentuknya kecil banget. Bisa dimaklumi sekarang harga tepung juga pada naik, sayuran juga pada naik. Mau gimana lagi yah. Tapi menurut saya, supaya tetap hemat harus memasak sendiri dan itu sudah terbukti. Tapi kalau lagi malas ya tinggal sayur dan lauk di Warteg dekat rumah hehehe. Apalagi kalau kita sebagai ibu rumah tangga yang  bekerja di kantoran. Kalau sudah sampai rumah hawanya pengen tidur dan malas masak. Terkadang saya sering juga membeli masakan matang.

Gravatar Image
Seorang ibu rumah tangga yang berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga